Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nama - Nama 25 Nabi dan Rosul yang Wajib Diketahui

Rukun Iman yang ke empat adalah Iman kepada rosul Allah, nah maka dari itu setiap manusia yang beriman tentunya percaya bahwa Allah menurunkan nabi dan rosul.

Namun ada berapakah nabi dan rosul yang diturunkan ke bumi. Allah menurunkan nabi ada ribuan jumlahnya bahkan lebih. Namun Allah hanya menurunkan 25 rosul yang diutus untuk menyebarkan agama Allah.

Lalu apa perbedaan dari nabi dan rosul?. Nabi adalah hamba Allah yang dijanjikan masuk surga namun mereka tidak diwajibkan menyampaikan kebaikan kepada umat manusia, Rasul sebaliknya yaitu Hamba Allah yang diturunkan dan diutus untuk menyampaikan kebaikan kepada umatnya.

Jika nabi belum tentu itu rosul, namun jika Rosul maka sudah pasti nabi.

Nah, berikut daftar 25 nabi dan rosul yang wajib diketahui :

1. Adam AS.
2. Idris AS.
3. Nuh AS.
4. Hud AS.
5. Soleh AS.
6. Ibrahim AS.
7. Luth AS.
8. Ismail AS.
9. Ishak AS.
10. Yakub AS.
11. Yusuf AS.
12. Ayub AS.
13. Sueb AS.
14. Musa AS.
15. Harun AS.
16. Zulkifli AS.
17. Daud AS.
18. Sulaiman AS.
19. Ilyas AS.
20. Ilyasa AS.
21. Yunus AS.
22. Zakaria AS.
23. Yahya AS.
24. Isa AS.
25. Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah rosul yang terakhir. Tidak ada lagi nabi dan rosul setelah Nabi Muhammad SAW. Jika ada yang mengaku nabi setelah nabi Muhammad maka jelas itu adalah nabi palsu.

Umat Islam sebagai umatnya nabi Muhammad tentunya merupakan umat terakhir. Pada dasarnya semua ajaran yang diajarkan ke 25 rosul dalah sama, dan sampai kepada nabi terakhir sebagai penyempurna dari ajaran sebelumnya.

Post a Comment for "Nama - Nama 25 Nabi dan Rosul yang Wajib Diketahui"