Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pandangan Islam Terhadap Non Muslim, Kafir?

Assalamu Alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam sejahtera untuk kita semua semoga selalu dalam lindungan Alloh Subhanahu wata ala.

Indonesia saat ini sedang krisis isu SARA yang banyak berkembang di kalangan masyarakat, hal ini menjadi wajar dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan penduduk Islam paling banyak di dunia, namun bukan negara islam.

Disitulah letak keunikan negara ini sehingga semua warga negara bisa hidup berdampingan, Namun tetap saja adanya isu yang ahir-ahir ini merebak terutama mengenai isu Agama.

Sesungguhnya setiap agama pada intinya mengajarkan kebaikan, dan menuju kedamaian, hanya saja jika ada pemeluk agama yang tidak bisa hidup berdampingan dan selalu memandang sara, itu hanya oknum tertentu yang tidak berpegang pada agamanya. dan dia belum memahami arti agama yang sesungguhnya.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita memahami bahwasanya Islam mencintai kedamaian dan membenci pada kebencian dan penghasutan. Sudah sepantasnya kita sebagai muslim menghargai warga yang non muslim sesuai perintah agama kita.

Namun tidak lupa, bahwasanya Indonesia merupakan Mayoritas muslim dan sudah sepantasnya pula yang minoritas menghargai warga yang mayoritas. Begitupun warga muslim yang berada di eropa yang tinggal di negara yang mayoritas umat non muslim patut menghargai warga mayoritas.


لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ (8)
 إِنَّمَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ قَاتَلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَأَخْرَجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوا عَلَى إِخْرَاجِكُمْ أَنْ تَوَلَّوْهُمْ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ (9(

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.” (QS. Al Mumtahanah: 8-9)
Dalam ayat diatas jelas bahwa Allah memerintahkan bahwa kita harus tetap berlaku adil dan menghargai terhadap non muslim yang juga (tidak memerangi) maksudnya yang tidak membenci dan selalu menghargai muslim pula. Selama tidak ada sangkut pautnya dengan agama.

 لا تَجِدُ قَوْمًا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ

“Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya” (QS. Al Mujadilah: 22).

Ayat ini umum berlaku pada orang yang sedang memerangi dan orang yang tidak memerangi kaum muslimin. Wallahu a’lam.” (Fathul Bari, 5: 233)

Islam sendiri Berlaku bagi seluruh makhluk yang ada di dunia ini, sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Anbiya ayat 107 berikut:

 وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلاَّ رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ
 

“Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al-Anbiya`a: ayat 107).

Dengan demikian bahwasanya diutusnya nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam dan Warga non muslim pun termasuk di dalamnya.

Kesimpulan

Islam diturunkan Allah sebagai rahmat bagi semesta alam, sesungguhnya kita sebagai manusia hendaknya saling memiliki rasa toleransi jangan sampai kita saling bermusush-musuhan hanya karena agama. 

Mencela salah satu agama sama saja dengan mencedrai agama, karena di dalam agama manapun tidak ada ajaran untuk saling memusuhi.

Semoga kita senantiasa menjadi manusia yang bermanfaat bagi semesta.

Kebenaran hanya milik Allah, Jika ada kekeliruan silahkan sampaikan di komentar agar kami bisa memperbaikinya, Terimakasih.

Post a Comment for "Pandangan Islam Terhadap Non Muslim, Kafir?"