Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amalan Amalan Pelebur Dosa

Setiap manusia tentunya memiliki dosa dan kesalahan, tidak terkecuali para nabi dan rosul pun mereka memiliki kesalahan sebagai seorang manusia. Walaupun kesalahan para nabi itu sangatlah kecil.

Seberapa sadarkah kita menyadari bahwa dosa itu aka dipertanggung jawabkan dihadapan Allah Subhanahu wata Ala di akhirat kelak. Sekecil apapun dosanya pasti ada balasannya dan kita tidak bisa lari dari pertanggungjawaban kita.
Manusia yang baik adalah manusia yang selalu mengingat dosa dan kesalahan yang ia perbuat lalu ia meminta ampunan kepada Allah SWT. Mengapa demikian, karena Allah adalah tuhan maha pengampun dan pemberi maaf yang sesungguhnya. Sebesar apapun dosa kita, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah untuk memberi pengampunan pada hambanya.

Namun dengan maha pengampun nya Allah SWT adalah sebagai peluang bagi kita untuk meminta pengampunan dengan mengerjakan amalan amalan yang dapat menghapus atau melebur dosa dosa kita.

Ada banyak amalan yang dapat melebur dosa berikut :

* Masuk Islam

Kenapa masuk islam merupakan amalan pelebur dosa? Tentu saja karena Islam merupakan agama yang DiRidhoi Allah SWT. Seseorang yang masuk islam dengan sungguh sungguh keislamannya niscaya Allah akan mengampuni dosa dosanya dimasa lampau.

Ini sesua dengan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari

ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺳْﻠَﻢَ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻓَﺤَﺴُﻦَ ﺇِﺳْﻠَﺎﻣُﻪُ ﻛَﺘَﺐَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻟَﻪُ ﻛُﻞَّ ﺣَﺴَﻨَﺔٍ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﺯْﻟَﻔَﻬَﺎ ﻭَﻣُﺤِﻴَﺖْ ﻋَﻨْﻪُ ﻛُﻞُّ ﺳَﻴِّﺌَﺔٍ ﻛَﺎﻥَ ﺃَﺯْﻟَﻔَﻬَﺎ ﺛُﻢَّ ﻛَﺎﻥَ ﺑَﻌْﺪَ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟْﻘِﺼَﺎﺹُ ﺍﻟْﺤَﺴَﻨَﺔُ ﺑِﻌَﺸْﺮَﺓِ ﺃَﻣْﺜَﺎﻟِﻬَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺳَﺒْﻊِ ﻣِﺎﺋَﺔِ ﺿِﻌْﻒٍ ﻭَﺍﻟﺴَّﻴِّﺌَﺔُ ﺑِﻤِﺜْﻠِﻬَﺎ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻥْ ﻳَﺘَﺠَﺎﻭَﺯَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ ﻋَﻨْﻬَﺎ

"Apabila seseorang masuk islam dan bagus ke-islamannya, maka Allah akan menghapus seluruh dosa yang pernah dia lakuka, lalu setelah itu (amal perbuatan) ada pembalasannya : Satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat, tapi satu kejahatan hanya dibalas dengan semisalnya kecuali kalau Allah mengampuninya". (HR. Al-Bukhari).

Jadi bersyukurlah kita yang telah isalm sekarang, karena dengan ini adalah nikmat islam yang diberikan Allah telah kita rasakan.

Islam mengajarkan kebaikan yang dapat meleburkan dosa dosa kita, namun tak lupa juga dengan keislaman yang sesungguhnya, dengan keimanan yang sebenar benarnya iman.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap amalan pasti ada balasannya, maka dari itu perbanyak berbuat kebaikan , niscaya Allah akan menambah pahala dan menutup timbangan dosa dosa kita.

Itulah amalan pertama yang dapat meleburkan dosa. Dilain waktu kita akan membahas amalan berikutnya.

Post a Comment for "Amalan Amalan Pelebur Dosa"