Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengejutkan, Dari Hasil Penelitian Ternyata Irlandia Negara Paling Islami di Dunia

Seorang Guru Besar Politik dan Bisnis internasional di Universitas George Washington, AS Bernama Hossein Askari melakukan sebuah studi yang cukup unik dan mencengangkan.

Ia melakukan studi untuk mengetahui di negara manakah di dunia ini nilai-nilai Islam paling banyak diaplikasikan. Hasil penelitiannya yang meliputi 208 negara itu ternyata sangat mengejutkan karena tak satu pun negara Islam menduduki peringkat 25 besar dalam penelitiannya.

Dalam penelitian tersebut didapati justru di urutan lima besar diduduki oleh Irlandia, Denmark, Luksemburg, dan Selandia Baru sebagai negara paling islam di dunia. dan negara lain yang paling ajalan Islam paling nyata adalah Swedia, Singapura, Finlandia, Norwegia, dan Belgia. 

Adapun negara - negara islam yang paling tinggi posisinya hanya Malaysia itupun menempati urutan ke-33 sementara itu, negara Islam lain di posisi 50 besar adalah Kuwait di peringkat ke-48, sedangkan Arab Saudi di posisi ke-91 dan Qatar ke-111.

Menurutnya kebanyakan negara islam hanya menggunakan agama sebagai instrumen untuk mengendalikan negara, berbeda dengan negara barat yang ternyata memang mengaplikasikan ajaran islam termasuk dalam mengendalikan perekonomiannya.

"Kami menggarisbawahi bahwa banyak negara yang mengakui diri Islami tetapi justru kerap berbuat tidak adil, korup, dan terbelakang. Faktanya mereka sama sekali tidak Islami," ujar Askari.

"Jika sebuah negara memiliki ciri-ciri tak ada pemilihan, korup, opresif, memiliki pemimpin yang tak adil, tak ada kebebasan, kesenjangan sosial yang besar, tak mengedepankan dialog dan rekonsiliasi, negara itu tidak menunjukkan ciri-ciri Islami," lanjut Askari.

Dalam melakukan penelitiannya, Askari mencoba membandingkan idealisme Islam dalam hal pencapaian ekonomi, pemerintahan, hak rakyat dan hak politik, serta hubungan internasional.
Hasil penelitian Profesor Askari dan Profesor Scheherazade S Rehman ini dipublikasikan dalam Global Economy  Journal.


Di Irlandia, diperkirakan sebanyak 49.000 warganya memeluk Islam. Dr Ali Selim, anggota senior Pusat Kebudayaan Islam Irlandia (ICCI), mengatakan, umat Muslim dan warga Irlandia lainnya bisa hidup berdampingan karena sama-sama memiliki kesamaan sejarah.

Mengejutkan Bukan?

Post a Comment for "Mengejutkan, Dari Hasil Penelitian Ternyata Irlandia Negara Paling Islami di Dunia"