Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Waktu Nifas Yang Normal?



Wanita pada umumnya bagi mereka yang telah dewasa akan mengalami masa Nifas atau pendarahan dari sisa persalinan setelah melahirkan, Namun banyak dari beberapa wanita ragu bahkan belum mengetahui berapa lama Nifas itu sendiri, Sebenarnya Nifas tidk jauh berbeda dengan Haid dimana darah yang terus menerus keluar dari bagian intim wanita.

Dalam fase wanita mengalami periode masa nifas (perdarahan sisa-sisa dari proses persalinan). Pada minggu pertama masa nifas, darah yang keluar berwarna merah segar (lochia rubra).

Setelah itu selama dua minggu, warna darah yang keluar berubah menjadi kecoklatan dan kekuningan (lochia sanguinolenta). Berikutnya, mulai keluar lendir-lendir putih bening atau agak kuning (lochia alba). 

Namun Pada sebagian besar dari kita mengatakan bahwasanya batasan waktu nifas adalah 40 hari dengan batas maksimal 6o hari, Namun sebenarnya tidak ada batasan hari yang spesifik tentang berapa lama masa nifas.

Pendapat demikian sebagaimana Hadits Ummu Salamah berikut :

كَانَتِ النُّفَسَاءُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَقْعُدُ بَعْدَ نِفَاسِهَا أَرْبَعِينَ يَوْمًا أَوْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Dahulu di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, wanita menunggu masa nifasnya selesai hingga 40 hari atau 40 malam.” (HR. Abu Daud no. 311, Tirmidzi no. 139, Ibnu Majah no. 648. Hadits ini dishahihkan Al Hakim dan disepakati oleh Adz Dzahabi. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan, sedangkan Syaikh Al Albani mengatakan shahih).

Jika telah sampai pada lebih dari 40 hari, maka itu meupakan darah kotor. Wanita yang sedang nifas memang diberikan Ruhsoh (Keringanan) untuk tidak melakukan ibadah Puasa dan Shalat.

Lalu bagaimana jika sebelum 40 hari darah sudah berhenti keluar, maka ia telah suci, sudah seharusnya mensucikan diri dengan mandi wajib serta boleh berpuasa, Shalat dan boleh digauli oleh suaminya.

Kesimpulan

Pada dasarnya Nifas itu umumnya 40 hari, selama masa nifas, wanita tidak boleh melaksanakan pusa dan Shalat, jika lebih dari 40 hari masih mengeluarkan darah, maka dihitung apakah tanggalnya sesuai dengan kebiasaan saat haid, jika sesuai, tunggu sampai masa haid selesai lalu bersuci dan mensucikan diri,

Jika sebelum 40 hari sudah tidak ada lagi darah yang keluar, maka ia wajib mandi dan bersuci sehingga ia dapat melakukas ibadah puasa dan shalat.

Demikian berapa lamanya waktu nifas, semoga bermanfaat. Jika ada kekeliruan silahkan sampaikan di komentar. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Berapa Lama Waktu Nifas Yang Normal?"