Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Gambaran Ketampanan Nabi Yusuf

Setiap manusia terutama umat Islam pasti tahu bahwa ketampanan nabi Yusuf tidak ada yang menandingi. Saking tampannya, sampai- sampai setiap nabi yusuf akan membuat wanita lupa diri sampai teriris tangannya ketika sedang pegang pisau.

Saking terkenalnya ketampanan nabi Yusuf, setiap wanita yang hamil biasanya minta dibacakan surat yusuf dengan harapan kelak sang anak memiliki rupa yang ganteng. Allah sendiri menyebutkan dalam Firmannya bahwa memang nabi yusuf memiliki wajah yang rupawan sehingga tertuanglah sebuah surat Yusuf dalam Al-Quran.

Wanita-wanita yang betemu Nabi yusuf menganggap bahwa Nabi Yusuf bukanlah manusia biasa melainkan jelmaan malaikat atas ketampanannya yang tiada tara. seperti dalam Firman Allah :

فَلَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا هَذَا بَشَرًا إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ

“Tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (QS. Yusuf: 31).


Nabi Yusuf sendiri memiliki ketampanan setengah dari manusia yang ada di bumi ini. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan Rosulullah Nabi Muhammad SAW dalam perjalanannya sewaktu isra mi,raj di langit ketiga beliau bertemu dengan nabi Yusuf dan berikut kata Nabi Muhammad SAW :
فَإِذَا أَنَا بِيُوسُفَ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا هُوَ قَدْ أُعْطِىَ شَطْرَ الْحُسْنِ

Di sana saya bertemu Yusuf  alaihis shalatu was salam, ternyata beliau diberi setengah ketampanan. (HR. Muslim 429).

Banyak juga yang berpendapat bahwa Maksud dari hadits diatas bahwa Nabi Yusuf memiliki ketampanan separuh dari ketampanan umat manusia, namun hal ini juga belum menjadi fakta kongkrit.

Ada juga yang mengatakan Kalau ketampanan nabi Yusuf separuh ketampanan Nabi Muhammad.

Yang jelas ketampanan bukan sebuah alat ukur bagi manusia dihadapan Allah. Manusia yang memiliki tingkat ketakwaan yang paling tinggi yang paling mulia.
Hanya Allah yang tahu persis bagaimana gambaran ketampanan nabi Yusuf, Kita hanya berharap Memiliki Ketampanan seperti beliau.


Post a Comment for "Begini Gambaran Ketampanan Nabi Yusuf"