Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas Sakit Perut, Berikut Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur

Momen penting dalam puasa adalah ketika makan sahur. Sahur dapat menjadi titik balik kondisi tubuh saat menjalankan puasa agar lebih kuat dalam berpuasa selama seharian penuh.



Oleh karena itu makan sahur pun perlu asupan yang mengandung karbohidrat cukup untuk melewati 12 jam berpuasa.

Anda harus benar-benar memperhitungkan jenis makanan seperti apa yang Anda konsumsi. Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika makan sahur:

1. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memicu haus yang akan mengganggu kenyamanan berpuasa. Terutama bagi yang memiliki penyakit maag akan meningkatkan naiknya asam lambung yang menyebabkan sakit di bagian atas perut.

2. Kopi

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kopi sebaiknya anda hindari saat sahur yaitu karena sifat asam pada kopi dapat mengganggu kenyamanan perut anda. 

Kemudian komponen kopi yang menstimulus usus besar sehingga mempercepat buang air besar dan memicu membuang sisa pencernaan lebih cepat.

3. Karbohidrat Sederhana

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang termasuk dalam karbohidrat kompleks? Mengapa begitu? Ini diperlukan agar dalam menjalankan puasa tetap memiliki cadangan energi yang kita gunakan untuk aktivitas selama berpuasa.

Contoh karbohidrat sederhana adalah gula pasir, produk susu dan olahannya, soft drink, permen, kue, dan sejenisnya. Bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sederhana, namun imbangi dengan konsumsi karbohidrat kompleks untuk membantu Anda tetap fit selama berpuasa.

4. Makanan Asin.

Sama dengan makanan pedas, makanan asin pun demikian dapat menyebabkan rasa haus yang lebih banyak. 

Contoh makanan acar, kacang yang diasinkan, kuaci, serta makanan kaleng. Jenis makanan tersebut termasuk yang memiliki kadar garam tinggi sehingga dapat memicu rasa haus. Selain tentunya juga makanan asin dapat menyebabkan Hypertensi.

5. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak dapat menghambat dan memperlambat proses pengosongan perut sehingga memperburuk gejala sembelit. 


Makanan tinggi lemak juga dapat mempercepat kerja sistem pencernaan sehingga menimbulkan diare.


Sebagai alternatif, anda bisa mengubah olahan masakan yang sama menjadi makanan berbeda yang tqk banyak mengandung lemak seperti ayam goreng menjadi ayam bakar.

Demikianlah makanan yang sebaiknya dihindari kerika sahur agar puasa kita lebih lancar dan barokah.


Post a Comment for "Awas Sakit Perut, Berikut Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur"